Satukan Presepsi, 5 Relawan PMI Ikuti Pelatihan Pertolongan Pertama Dinkes DKI Jakarta

Sebanyak 5 relawan PMI DKI Jakarta mengikuti pelatihan spesialisasi pertolongan pertama bagi petugas pelayanan publik yang diadakan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, di Auditorium AGD Dinkes DKI Jakarta pada Rabu (18/11/2020).

Selain relawan PMI, kegiatan juga diikuti sejumlah petugas dari lintas sektoral di wilayah di DKI Jakarta, seperti personel Kepolisian, Pemadam Kebakaran, petugas Moda Raya Terpadu (MRT),  Satpol PP, dan perwakilan dari Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta.

Ketua Bidang Pelayanan Kesehatan dan Sosial Pengurus PMI DKI Jakarta, dr. Sibroh Malisi mengatakan, kegiatan yang melibatkan sejumlah unsur pelayanan publik ini sangat penting dan harus diketuktularkan kepada relawan-relawan PMI lainnya.

“Pelatihan ini dapat menjadi wadah penyamaan presepsi serta actualisasi pelayanan publik dibidang pertolongan pertama bagi semua unsur dari lintas sektoral yang terlibat,” kata Sibroh

Menurut dia, dengan sumber instruktur yang sama peserta akan dapat mendapat informasi yang seragam sehingga dapat mengaplikasikan kemampuan pertolongan pertama kepada masyarakat dengan standarisasi yang sama.

“Secara teknis relawan kita sudah baik. Namun demikian, mereka pelu pembaharuan pengetahuan terkait dengan metode pelayanan publik sesuai dengan permasalahan yang terjadi saat ini seperti masalah pandemi Covid-19,” paparnya.

Selain itu, Sibroh menyebutkan, dalam pelatihan juga ditekankan tentang standarisasi sarana dan prasarana pendukung pelayanan seperti mobil ambulans yang semetinya telah menggunakan teknologi GPS, sarana komunikasi, dan bahkan aspek legal dari sarana tersebut.

“Kita berharap, relawan PMI yang mengikuti pelatihan akan mejadi pioner bagi relawan lainnya, baik dari segi keterampilan pertolongan pertama maupun dari segi prilaku dan sikap saat bertugas di lapangan,” jelasnya.

Pelatihan ini, lanjutnya, harus juga dilaksanakan secara internal PMI dengan melibatkan para relawan dari PMI wilayah kota dan Kabupaten di PMI DKI Jakarta. Sehingga, nantinya akan ada kesamaan visi dalam implementasi pelayanan PMI kepada masyarakat.

“Ini sebagai upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, seperti yang ingin diwujudkan oleh Ketua PMI DKI Jakarta,” pungkasnya.

Penulis : A. Furqon

Leave a Comment

Your email address will not be published.